Pages

Jumat, 06 Juni 2014

Exam

80 Minutes - 8 Candidates - 1 Answer. No Question



Dari judul film ini, apa yang Anda bayangkan? EXAM. Judulnya dapat dibilang menarik. Selain dari judulnya, yang menarik dari film ini adalah setting tempatnya. Film ini hanya menggunakan satu latar tempat sebagai jalan cerita utamanya (ada beberapa tempat lain yang digunakan, namun itu hanya sebagai pembuka cerita dan diperlihatkan sebentar-sebentar).


Cerita film ini mengenai 8 orang yang memasuki tahap akhir dari sebuah tes masuk sebuah perusahaan besar. Delapan orang dari latar masing-masing berkumpul di satu ruangan untuk mengerjakan tes terakhir tersebut.
Setelah peraturan dibacakan, kertas soal dibagikan tertutup, ujian pun dimulai. Para kandidat segera membuka kertas soal dan terlihatlah bahwa soal ujian tersebut…kosong.

Di mulai dari pengenalan cerita itulah, cerita film ini dimulai. Kira-kira, bagaimana perasaan Anda jika suatu hari Anda membuka kertas ujian, dan ternyata kertas tersebut kosong dan tidak ada soal yang tertulis?
The candidates
Premise dari cerita ini sebenarnya sederhana, namun dapat dikembangkan oleh sang pembuat film dengan baik. Meskipun tidak semua tokoh dapat dieksplorasi dengan menyeluruh, namun saya tidak kecewa mengingat akan sangat membosankan memang jika 8 orang tersebut didalami karakternya satu persatu.

Penamaan karakter yang unik juga menjadi salah satu point dari film ini. Alih-alih nama, mereka berdelapan saling memanggil dengan nama panggilan yang mereka buat sendiri. Ada Black (lelaki berkulit hitam), Brown (lelaki berkulit cokelat), White (lelaki kulit putih), Dark (wanita berambut gelap), Blonde (wanita berambut pirang), Brunette (wanita berambut cokelat), Deaf (lelaki yang dianggap autis), serta Chinese (wanita sipit).

Bagi saya, kelebihan dari film ini sendiri adalah bagaimana setiap tokoh memiliki pikirannya masing-masing. Diperlihatkan bagaimana mereka berusaha keras mendapatkan apa yang mereka inginkan. Yang menarik juga melihat bagaimana orang-orang di dalam satu ruangan itu berpikir sekreatif mungkin dalam mencari pertanyaan.
Exam goes crazy

Kelebihan lainnya merupakan pemanfaatan lokasi yang hebat, serta penokohan yang kuat bagi setiap tokohnya. Rasanya seakan kita terbawa emosi delapan orang di dalamnya.

Meskipun demikian, beberapa dialog yang agak panjang dan bisa dibilang cukup membosankan dapat menjadi kelemahan film ini. Beberapa dialog bahkan dapat dikatakan kurang penting dan membuang-buang waktu.

But overall, I love this movie, terutama endingnya yang bikin banyak temanku mengutuk. Well, interested to watch?


Any questions?

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About